Konsep Keanekaragaman Hayati

Pada dasarnya tidak ada dua makhluk hidup yang sama persis. Coba anda perhatikan anak kembar atau wajah teman-teman anda. Adakah yang sama persis? Setiap makhluk hidup mempunyai sifat yang dapat sama atau berbeda dengan makhluk hidup lainya. Adanya perbedaan di antara makhluk hidup inilah yang memunculkan keanekaragamann.
Bagaimana cara kita mengenal dan mempelajari makhluk hidup yang beranka ragam tersebut?

Makhluk hidup di bumi ini jumlahnya sangat banyak dan beraneka ragam. Berbagai jenis makhluk hidup dapat menempati habitat yang sama. Misalnya belalang, burung , ular, ulat, tanaman padi, rerumputan, dan tanaman palawija semuanya hidu di sawah.
Namun dari keanekargaman yang ada , pasti terdapat keseragaman sifat dari makhluk hidup, meskipun hanya sedikit. Kesergaman inilah yang kemudian menjadi dasar pengelompokkan makhluk hidup. Pengelompokkan (klasifikasi) tersebut sangat diperlukan untuk memudahkan kita mengenali makhluk hidup.
Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keluruhan variasi gen , spesies, dan ekosistem di suatu daerah. Penyebab keanekaragaman hayati ad 2 faktor : yaitu faktor genetik dan faktor luar. Factor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi (fenotip)oraganisme.(A019)


Share:
spacer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar